Friday, August 3, 2012

SELASA BIASA PEKAN XVI THN B


Pekan Biasa ke-16 Tahun B2. Selasa, 24 Juli 2012
Mik.7:14-15.18-20;  Mat 12:46-50
Frateran BHK Malang
Renungan
Injil hari ini mengingatkan kita adanya dua model persaudaraan yaitu persaudaraan rohani dan persaudaraan jasmani. Persaudaraan rohani melebihi persaudaraan jasmani. Orang-orang yang hidup dalam persaudaraan rohani ini dengan cara khusus ataupun menjadi religius akan lebih akrab dengan saudara rohani ketimbang persaudaraan jasmani. Mengapa demikian? Sebab persaudaraan rohani memiliki tugas dan tanggung jawab lebih penting yang harus diutamakan daripada hal lainnya.
Yesus sangat tegas mengenai hal ini. Yesus sadar bahwa Ia mesti melaksanakan panggilan khusus yang diterima-Nya dari Bapa. Yesus berusaha melaksanakan panggilan-Nya melayani umat dan tanpa bermaksud menyangkal keberadaan keluarga-Nya. Yesus memahami dan mengajarkan apa yang harus diprioritaskan dalam hidup-Nya. Untuk itu, Yesus sangat mengharapkan pengertian dari keluarga. Hal ini nyata ketika Ia berkata: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?" Dalam hal ini, Yesus mau menegaskan bahwa sekarang dan di sini prioritas adalah melayani umat sementara urusan keluarga itu ada waktunya. Melaksanakan kehendak Bapa itulah urusan pertama dan terutama yang dilakukan Yesusu. Mereka yang melaksanakan kehendak Bapa mereka itulah ibu dan saudara-saudari Yesus.
Kita semua menajdi saudara Yesus. Kita akan menjadi prioritas bagi-Nya apabila kita mau dan selalu melaksanakan kehendak Bapa sebagaimana dilakoni-Nya. Kita berdoa agar kita juga dikuatkan dalam tugas kita mewujudkan kehendak Bapa dalam karya pelayanan kita.  Semoga kita lebih mengutamakan tugas panggilan kita tanpa terhalang oleh apa pun juga. Untuk itu marilah kita akui kelemahan kita. Saya mengaku...

No comments:

Post a Comment