Saturday, August 2, 2014

TEKS UPACARA MIDODARENI

Tata Cara Liturgi
Malam Tirakatan Calon Pengantin / Midodareni
Marsel Maring & Lusinta Sianturi
=================================================

Lagu Pembukaan

Tanda Salib dan Salam:
P: Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus
U: Amin
P: Semoga Allah yang Maha Kuasa selalu melimpahkan kasih dan berkatnya kepada kita semua,
U: Sekarang dan selama-lamanya

Pengantar & Pernyataan Tobat
Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, pada malam yang kudus, menjelang pernikahan Bapak Marsel dengan Ibu Lusi, kita diundang ke rumah ini untuk bersama-sama memohon berkat kepada Tuhan agar semua persiapan yang telah direncanakan dalam rangka pelaksanaan pernikahan dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sesuai dengan rencana. Pernikahan adalah hal yang sangat kudus, oleh karenanya marilah kita dukung dengan sepenuh hati ibadat pada malam hari ini dengan terlebih dahulu memohon ampun atas kesalahan dan dosa kita.
                                    
Saya Mengaku ….
P : Semoga Allah yanh Maha Pengasih selalu menuntung dan melindungi kita sampai ke hidup yang kekal..
U : Amin

Marilah berdoa


P: Ya Allah mahapengasih, sumber ketenteraman dan kebahagiaan keluarga, pada malam hari ini kami berkumpul atas Nama-Mu, sambil memohon berkenanlah hadir di antara kami, bersama para malaekat dan para kudus di surga, dan mencurahkan berkatMu yang berlimpah kepada saudara kami  Lusi dan Marsel yang akan mengikrarkan janji pernikahan. Berkenanlah hadir di tengah kami sebagaimana Yesus bersama bunda Maria dan para rasul menghadiri perkawinan di Kana.
Demi Yesus Kristus, Putera-Mu dan Pengantara kami; yang bersama Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa kini dan sepanjang segala masa.
U : Amin.

Litturgi Sabda

Bacaan Pertama (Tob.8,5-10)

L: Pembacaan dari kitab Tobit bab 8, ayat 5 sampai 10:

Pada malam perkawinannya, Tobia berkata kepada Sara: “Kita ini keturunan orang suci. Kita tidak boleh kawin seperti orang yang tak mengenal Allah”. Maka mereka berdoa, agar tetap sehat walafiat. Kata Tobia: “Terpujilah Engkau, Allah leluhur kami. Hendaknya langit dan bumi memuji Engkau: mata air, sungai dan laut beserta segala makhluk yang hidup di dalamnya. Engkau telah membentuk Adam dari tanah dan memberikan Hawa kepadanya sebagai teman hidup. Engkau tahu, ya Tuhan, bahwa aku tidak mengawini Sara ini karena dorongan hawa nafsu. Aku mengawini dia untuk memperoleh keturunan, agar namaMu terpuji untuk selama-lamanya.” Lalu Sara juga berdoa: “Kasihanilah kami, ya Tuhan, kasihanilah kami. Semoga kami tetap sehat walafiat dan bersama-sama mencapai umur panjang.” Demikianlah sabda Tuhan.
U: Syukur kepada Allah.

Lagu Antar Bacaan (?)
Bacaan Injil (Yoh.2,1-11)

P: Tuhan beserta kita
U: Sekarang dan selama lamanya
P: Inilah Injil Yesus Kristus, menurut Santo Yohanes
U: Dimuliakanlah Tuhan

Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu. Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur." Kata Yesus kepadanya: "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba." Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!" Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung. Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu: "Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air." Dan mereka pun mengisinya sampai penuh. Lalu kata Yesus kepada mereka: "Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta." Lalu mereka pun membawanya. Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu -- dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya -- ia memanggil mempelai laki-laki, dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang." Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.

P : Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya
U: Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami

Homili/Renungan
                     
LITURGI MIDODARENI

P: Bapak, Ibu dan Saudara sekalian
Malam ini adalah malam yang suci bagi keluarga,  terlebih bagi bagi calon pengantin Ibu Lusi dan Pak Marsel. Malam ini kita akan bersama-sama memohon berkat dari Tuhan, Raja dari segala bidadari, dan juga memohon restu dari para malaikat, para orang kudus. Marilah kita daraskan Litania Orang Kudus (hening)

Litani Orang Kudus (dipersingkat)
P:Tuhan kasihanilah kami  -  U:Tuhan kasihanilah kami
P:Kristus kasihanilah kami – U:Kristus kasihanilah kami
P:Tuhan kasihanilah kami – U: Tuhan kasihanilah kami
 P: Santa Maria Bunda Allah –  U: doakanlah kami
Para malaikat Allah yang kudus, ...
Santo Yusup,....
Santo Yohanes Pembaptis,
Santo Petrus dan Paulus,
Santa Maria Magdalena,
Santo Ignatius dari Anthiokia,
Santa Agnes,
Santa Perpetua dan Felicitas,
Santo Agustinus,
Santo Fransiscus Xaverius,
Santo Yohanes Maria Vianney,
Santa Theresia,
Santo Benedictus,
Santo Antonius,
Santa Yohana,
Santo Martinus,
Santo Maselinus
Semua orang Kudus Allah,

P: Tuhan Maha rahim, U: bebaskanlah umatmu
Dari segala kejahatan,
Dari segala dosa,
Dari kematian kekal,
Karena penjelmaanMu,
Karena kematian  dan kebangkitan-Mu,
Karena pencurahan Roh Kudus,

P: Kristus dengarkanlah kami, U: Kristus dengarkanlah kami
P: Kristus kabulkanlah doa kami, U: Kristus kabulkanlah doa kami

Doa Pembukaan
Allah yang Maha Pengasih, sumber cinta sejati dan sumber kebahagiaan keluarga, kami bersyukur atas cinta yang telah Kau tumbuhkan dalam hati Lusi dan Marsel. Malam ini kami berkumpul memohon kepada-Mu agar Engkau sudi datang bersama para Kudus dan para malaikat di surga untuk memberkati kedua  hamba-Mu, Lusi dan  Marsel ini, sebagaimana  Engkau dulu datang dan memberkati pengantin di Kana. Kehadiran-Mu bersama para malaikat akan membawa bukan saja sukacita bagi kedua calon pengantin ini, tetapi juga  kegembiraan dan ketenangan batin bagi seluruh keluarga besar, terutama dalam menghadapi dan menjalani peristiwa besar bagi keluarga ini. Demi Yesus Kristus Putra-Mu Tuhan dan Pengantara kiami yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang segala abad. Amin.

Pemberkatan Calon Pengantin:
P: Saudara-saudaraku terkasih, marilah kita mohon berkat dari Allah yang Maha Pengasih bagi calon pengantin Lusi dan Marsel. (Tangan diulurkan kepada  Lusi dan Marsel sambil berdoa)
           
P: Allah yang Maha Pengasih, kami tahu bahwa hidup berkeluarga adalah penggilan yang luhur dan terhormat, karena lewat perkawinan dua orang, Engkau mengangkat mereka menjadi rekan kerja dalam mengalirkan dan menghidupkan Kasih-Mu. Kami mohon sudilah memberkati calon pengantin ini, sehingga besok dapat menjalani semua upacara yang sudah direncanakan. Kuatkalah mereka berdua agar bisa menepati janji yang mereka ucapkan di hadapan-Mu dan kelak bisa menjalani kehidupan suami isteri dengan setia dan penuh kasih serta senantiasa takwa kepada-Mu. Semoga mereka berdua saling memahami dan menghargai dalam upaya mereka membangun keluarga Katolik yang sejati. Semoga para Kudus merestui perjuangan mereka membangun keluarga, dan semoga para malaikat mendampingi serta menjaga langkah-langkah mereka supaya luput dari godaan yang merongrong kehidupan berkeluarga mereka. Semua ini kami mohon dengan perantaraan Yesus Kristus, Tuhan dan Junjungan kami kini dan sepanjang masa. Amin.

Penyerahan Keluarga (Oleh wakil keluarga calon pengantin) 
Ya Allah, Bapa sekalian insan, Engkau menciptakan manusia dan menghimpun mereka menjadi satu keluarga, yakni keluarga-Mu sendiri. Engkau pun telah memberi kami sekeluarga teladan, yakni Keluarga Kudus di Nasaret, yang anggota-angggotanya sangat takwa kepada-Mu dalam penuh kasih satu sama lain. Terima kasih, Bapa, atas teladan yang indah ini.Semoga keluarga kami selalu Kau dorong untuk meneladani keluarga kudus di Nasaret agar tumbuh menjadi keluarga Kristiani yang sejati yang dibangun atas dasar iman dan kasih akan Dikau dan sesama.
Ajari kami untuk hidup menurut InjilMu, rukun, ramah, bijaksana, saling menyayangi, menghormati dan saling membantu dengan ikhlas hati. Hindarkanlah keluarga kami dari mara bahaya dan mala petaka; sertailah kami dalam suka dan duka; tabahkanlah kami bila kami menghadapi masalah. Jadikanlah keluarga kami batu yang hidup untuk membangun jemaat-Mu di lingkungan kami tinggal. 
Berilah kepada keluarga kami rejeki yang cukup. Semoga kami selalu berusaha hidup baik di tengah jemaat dan masyarakat, Jadikanlah kami garam yang berdaya mencegah kebusukan yang merongrong masyarakat, dan terang yang selalu menghalau kegelapan.   
Ya Bapa, kami juga berdoa untuk keluarga-keluarga yang sedang dilanda kesulitan, dampingilah mereka agar jangan patah semangat. Berilah kekuatan kepada para anggotanya untuk kembali membangun keutuhan keluarganya.
Akhirnya ya Bapa, kami menyerahkan semua rencana dan acara penerimaan sakramen pernikahan hamba-Mu Lusi dan Marsel. Kami percaya bahwa Engkau akan menyertai kami semua sehingga semua boleh berjalan dalam limpahan berkatMu.
Semua ini kami mohon kepada-Mu, demi Kritus Tuhan dan pengantara kiami kini dan sepanjang masa. Amin.

Doa Umat:

P: Bapak-Ibu dan Saudara-saudari terkasih, marilah kita lanjutkan dengan doa umat:

K: Ya Tuhan, Engkau berkenan supaya laki-laki dan perempuan bersatu dalam kasihMu. Semoga calon pengantin ini membuka hati menanggapi panggilan suci ini. Marilah kita mohon...
U: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

K: Engkaulah tumpuan hidup kaum beriman. Semoga calon pengantin ini dapat membangun keluarga atas dasar iman dan kasih sejati. Kami mohon....
U: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan
 K: Engkaulah selalu menjaga hidup anak-anakMu. Semoga calon pengantin ini selalu sehat dan kelak dapat melaksanakan kewajibannya membina keluarga, mengabdi kepada gereja dan masyarakat. Kami mohon......
U: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

K: Semoga calon pengantin ini selalu dapat berusaha membina hidup berkeluarga sesuai dengan kehendakMu. Kami mohon...
U: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

K: Semoga seluruh keluarga besar kedua mempelai senantiasa menopang kehidupan calon keluarga baru ini dengan penuh hormat dan penuh cinta. Kami mohon....
U: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

P: Marilah kita hening sejenak untuk menyampaikan doa dan intensi kita masing-masing..... ( Hening sejenak) .........Kami mohon....
U: Kabulkanlah doa kami ya Tuhan


LITURGI EKARISTI (teks Tersendiri)
Catatan: jika tidak dilanjutkan dengan Ekaristi maka langsung dilanjutkan dengan doa Bapa Kami berikut ini)

Bapa Kami

P: Bapak-Ibu dan Saudara-Saudara terkasih dalam Kristus, marilah segala permohonan dan pujian kita satukan dengan doa yang telah diajarkan oleh Yesus Kristus sendiri kepada kita.
U: Bapa Kami......

P: Ya Bapa, jadilah selalu kehendakMu, sebab itulah satu-satunya pedoman hidup kami. Semoga kami tak henti-hentinya berusaha supaya kehendakMu benar-benar terlaksana dalam diri kami sendiri, di dalam keluarga dan lingkungan hidup kami, sementara kami menantikan dengan rindu, kedatangan penyelamat kami Yesus Kristus.
Penutup dan Berkat

Marilah berdoa
Allah Bapa, syukur kepada-Mu atas Firman dan cinta-Mu kepada kami dalam ibadat ini. Nyatakanlah berkatmu kepada kedua calon mempelai, semoga berkat melimpah selalu menerangi rumah tangga mereka berdua. Peliharalah dan padukanlah cinta kasihnya agar mereka berdua mampu memaknai kehidupan rumah tangga yang kudus demi Yesus Kristus Tuhan dan pengantara kami, yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.
U : Amin

P : Tuhan beserta kita
U : Sekarang dan selama lamanya
P : Kita sekalian semua orang yang kita doakan terutama kedua calon mempelai ini dilindungi dan dibimbing olehBerkat Allah yang Mahakuasa + Demi nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus
U : Amin
P : Saudara sekalian Ibadat dan doa kita sudah selesai.
U : Syukur kepada Allah

Lagu Penutup:






Penyusun: Rm.Bone Rampung, Pr


No comments:

Post a Comment